KRS IPB ONLINE

10:53:00 PM 0 Comments

KRS itu singkatan dari kartu rencana studi. Ini merupakan sistem online yg berfungsi memudahkan (atau malah nyusahin?!) mahasiswa buat milih matkul yg diambil secara online, jadi ga perlu dateng ke kampus pas liburan nih. :D
Apa aja yg musti dilakuin buat yg pertama kali make KRS??
Yang pertama, liat siapa dosen pembimbing akademik dulu di pengumuman tiap kantor departemen, terus liat nomor HPnya di kantor departemen itu, hubungin beliau dan sharing sama beliau tentang Minor atau SC yang mw dipilih.
Terus, lakuin yg namanya uji coba KRS. waktu taun gw, uji coba KRS penting bgggggt, karena kalo ada yg mw milih minor, minor yg udah dipilih pas uji coba ga akan berubah atau keapus pas KRSan beneran, jadi ga perlu repot2 berebutan minor lagi. Kalo buat yang SC mah sama aja, karna matkul yg udah dipilih pas uji coba bakal kosong lagi pas KRSan beneran.
Gimana caranya?
Cekidot gan,,
pertama, buka krs.ipb.ac.id, terus masukin username berupa NRP dan password berupa password cyber.
kedua, di kolom yg kiri, pilih menentukan minor buat yg mau ngambil minor. Inget, pilih minornya dulu sebelum ngelakuin yg laen
abis pilih minor, langsung lah ya, lanjut pilih pemilihan KRS di kolom kiri lagi. nah, masukin matkul2 yg sesuai ma semester sekarang, terus sesuaiin juga jadwalnya. kalo di jurusan gw, jadwal praktikum mah ga ngaruh, ntar bakal diacak2 lagi ama departemen tapi malah enak, karna bisa tuker2an ama temen kalo bentrok ma SC atau minor. Usahain pilih jadwal praktikum secara bijak, jangan sampe ga bisa ngambil SC atau minor gara2 jdwal praktikum yg bakal diubah lagi itu. cara ngambil SC gampang bgt, cuma tinggal klik tambah supporting course dan masukin kode matkul g kalian mw ambil.

setelah itu, lanjut pilih lihat KRS di kolom kiri lagi. Silahkan dicetak, disitu juga ada jumlah SPP yang musti dibayar sesuai ma banyaknya matkul yg diambil. kalo udah dicetak, bawa deh ke dosen PA dan minta ttd beliau, terus fotokopi dulu buat arsip. yang aslinya kasihin ke komdik, kalo didepartemen gw, namanya UPT, ada di deket2 korfat.
selesai deh milih KRSnya.
yang musti diperhatiin adalah pilih minor dulu kalo yg berminat ambil minor, karena kalo ga, matkul minor ga bakal masuk ke pilihan matkul yg ada di KRS. terus gimana kalo udah terlanjur? bakal berat banget perjuangannya! musti ngapus dulu semua matkul yg udah kepilih di KRS, biar bisa milih minor.
So, jangan salah langkah pas KRS pertama ya,
jgn lupa ikut ujicoba KRS, biar kita bisa tau jadwal yg tersedia gimana aja, jadi bisa nyusun jadwal biar ga bentrok ama SC atau pun minor.
Buat kebingungan di semester3 milih minor atau SC atau ga sama sekali, disarankan pilih aja 1matkul terserah mau minor atau SC, karena semester3 itu masih lebih santai.
Bakal lebih ribet lagi kalo disemester4 ngambil 2matkul minor atau SC buat nutupin semester3 yang belom ngambil minor atau SC karena semester4 dipenuhi laporan2 busuk.
Semangat buat calon Ahli Teknologi Pangan Indonesia!!!

andikaprakoso

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: