BAB 8. BUDAYA (CHAPTER 8. CULTURE)

9:56:00 PM 0 Comments

Summarized by Andika Bagus (majoring in Food Science and Technology, Faculty of Agricultural Technology, Bogor Agricultural University, Bogor - Indonesia)


Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behavior: Theory and Application in Marketing) www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Budaya merupakan segala nilai, pemikiran, simbol yang memengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan, dan kebiasaan seseorang dan suatu masyarakat.
Menurut Engel, Blackwell, dan Miniard, sikap dan perilaku yang dipengaruhi oleh budaya adalah:
  • Kesadaran diri dan ruang
  • Komunikasi dan bahasa
  • Pakaian dan penampilan
  • Makanana dan kebiasaan makan
  • Waktu dan kesadaran akan waktu
  • Hubungan keluarga, organisasi, dan lembaga pemerintah
  • Nilai dan norma
  • Kepercayaan dan sikap
  • Proses mental dan belajar
  • Kebiasaan kerja

Unsur budaya:
  • Nilai
Kepercayaan atau segala sesuatu yang dianggap penting oleh seseorang atau suatu masyarakat. contoh di Indonesia: laki-laki sebagai kepala rumah tangga, menghormati orang tua dan yang lebih tua, hamil di luar nikah adalah aib, menghormati sesepuh, tokoh adat, dan tokoh agama, serta memperoleh pendidikan yang baik dan memperoleh gelar.
Nilai dapat berubah seiring perkembangan jaman, contohnya nilai yang dulu dianut adalah banyak anak banyak rejeki. Nilai ini berubah menjadi keluarga kecil bahagia dan sejahtera (KB). Pengaruhnya terhadap konsumsi kontrasepsi meningkat, sedangkan konsumsi pakaian turun.
  • Norma
Aturan masyarakat tentang sikap baik dan buruk, tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Norma terbagi menjadi 2 macam, yaitu enacted norm seperti peraturan dan Undang-undang, serta cresive norm, yaitu norma yang ada dalam budaya. Cresive norm dibedakan menjadi:
o    kebiasaan, yaitu berbagai bentuk perilaku dan tindakan yang diterima secara budaya.
o    larangan, yaitu bentuk kebiasaan yang mengandung aspek moral, biasanya berbentuk tindakan yang tidak boleh dilakukan oleh seseorang dalam suatu masyarakat.
o    konvensi, yaitu anjuran atau kebiasaan bagaimana seseorang harus bertindak sehari-hari.
  • Mitos
Sebuah cerita atau kepercayaan yang mengadung nilai dan idealisme bagi suatu masyarakat. contohnya mitos mengenai raja-raja dan wali songo
  • Simbol
segala sesuatu yang memiliki arti penting lainnya (makna budaya yang diinginkan). contohnya bendera kuning simbol bagi orang yang meninggal.

Pengaruh budaya terhadap perilaku konsumen
Produk dan jasa memainkan peranan yang sangat penting dalam memengaruhi budaya, karena produk mampu membawa pesan dan makna budaya. Barang-barang konsumen akan memengaruhi ritual kepemilikian, ritual pertukaran, ritual pemakaian, dan ritual pembuangan.

Budaya populer merupakan budaya yang dianut oleh masyarakat banyak, yang meliputi:
o   iklan
o   televisi
o   musik
o   radio
o   pakaian dan aksesoris
o   permainan
o   film
o   komputer

Budaya dan Strategi Pemasaran
Pemahaman tentang budaya suatu masyarakat dan bangsa akan memberikan inspirasi mengenai produk yang dibutuhkan oleh konsumen. contohnya, jamu tradisional yang berasal dari tumbuh-tumbuhan diproduksi oleh perusahaan jamu Nyonya Meneer, Jamu Jago, dan Jamu Sido Muncul.

andikaprakoso

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: