BAB 7. SIKAP KONSUMEN (CHAPTER 7. CONSUMER ATTITUDE)

3:06:00 PM 0 Comments

Summarized by Andika Bagus (majoring in Food Science and Technology, Faculty of Agricultural Technology, Bogor Agricultural University, Bogor - Indonesia)


Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behavior: Theory and Application in Marketing) www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Sikap adalah evaluasi dari seseorang terhadap suatu objek.
Kepercayaan adalah pengetahuan mengenai suatu objek, atribut, dan manfaatnya.

Karakteristik Sikap:
·         Sikap memiliki objek
·         Konsistensi sikap
·         Sikap positif, negatif, dan netral
·         Intensitas sikap
·         Resistensi sikap
·         Persistensi sikap
·         Keyakinan sikap
·         Sikap dan situasi

Fungsi sikap:
·         Fungsi utilitarian
·         Fungsi mempertahankan ego
·         Fungsi ekspresi nilai
·         Fungsi pengetahuan

Strategi mengubah sikap konsumen:
·         Kombinasi beberapa fungsi
·         Mengasosiasikan produk dengan kelompok atau peristiwa
·         Memecah konflik dua sikap yang berlawanan
·         Mengubah evaluasi relatif terhadap atribut
·         Mengubah kepercayaan merek
·         Menambahkan atribut pada produk
·         Mengubah penilaian merek secara menyeluruh
·         Mengubah kepercayaan terhadap merek pesaing

Model Sikap:
1.       Peter dan Olson (1999) “Three Elements of Consumer Analysis”:
·         Consumer affect and cognition
·         Consumer behaviour
·         Consumer environment
2.       Solomon (1999) “Model Sikap ABC”:
·         A: Affect
·         B: Behaviour
·         C: Cognitive
3.       Schiffmann dan Kanuk “Three Components Attitude Model”:
·         Kognitif
sikap menggambarkan pengetahuan dan persepsi terhadap objek sikap.
·         Afektif
sikap menggambarkan perasaan dan emosi seseorang terhadap produk.
·         Konatif
sikap menggambarkan kecenderungan seseorang untuk melakukan tindakan yang berkaitan dengan objek sikap.

Model Sikap Multiatribut Fishbein
Menjelaskan bahwa sikap konsumen terhadap suatu objek sikap (produk atau merek) sangat ditentukan oleh sikap konsumen terhadap atribut yang doevaluasi.
·         Atribut (Ao)
Karakteristik dari objek sikap. Kepercayaan bahwa produk memiliki berbagai atribut.
·         Kepercayaan (bi)
Ketakutan kepercayaan bahwa suatu produk memiliki atribut tertentu.
·         Evaluasi Atribut (ei)
Baik atau buruknya suatu atribut menggambarkan pentingnya atribut bagi konsumen.
Ao = Σ bi. ei

Model Sikap Angka Ideal
Berfungsi memberi informasi mengenai sikap konsumen terhadap merek suatu produk dan mengenai merek ideal yang dirasakan konsumen, serta menunjukkan perbedaan antara yang diharapkan dan yang dirasakan oleh konsumen terhadap produk.
Ab = Σ Wi (Ii – Xi)
Ab menyatakan sikap keseluruhan konsumen terhadap merek, yang dinyatakan dalam angka 0 sampai jumlah tertentu.
Evaluasi atribut (Wi) merupakan evaluasi terhadao kepentingan atribut.
Ii menytakan keinginan performansi ideal dari atribut yang dievaluasi.
Komponen Xi merupakan penilaian aktual atribut produk/ merek seperti yang dirasakan konsumen.

andikaprakoso

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: